Skip to main content

KULINER INDRAMAYU YANG BIKIN MEREM MELEK !!!

Nah buat kalian yang ingin melakukan perjalanan atau sekedar datang untuk berkunjung ke Indramayu,  wajib banget coba beberapa kuliner khas Indramayu yang bisa buat kalian merem melek nih.
Penasaran kan apah ajah kuliner Indramayu yang bisa buat kalian merem melek.


  • RUMBAH DARINIH 
https://www.instagram.com/p/B1K-3jwA3kQ/?igshid=t751ds46qcj2


Kuliner pertama untuk kalian yang emang melintas di jalan raya Pantai Utara, wajib banget untuk mampir ke warung Rumbah Darinih. Asal nama Rumbah Darinih ini diambil dari nama sang pemilik, yaitu Ibu Darinih. banyak banget dari kalian yang  belum tau apasih Rumbah?? Rumbah adalah salah satu makanan khas Indramayu yang terdiri dari sayuran yang sudah direbus. seperti kangkung, kacang panjang dan tauge, dan disiram dengan sambal bumbu kacang. Dan yang istimewa dari rumbah Darinih ini menggunakan Bihun yang berwarna Biru nih, jadi ngebuat lebih cantik karena ada yang berbeda dari makanan tersebut. Dari segi tampilan rumbah memang sangat mirip dengan gado-gado asal Jakarta dan Pecel asal Jawa.
Untuk lokasinya berada di belakang Balai Desa Eretan Kulon atau samping SDN Eretan Kulon II.
So.. buat kalian yang suka banget kuliner dengan cita rasa pedas yang kuat wajib banget untuk coba makanan satu ini, karena bakal bisa banget ngebuat kalian sampe keringetan.

  • PEDESAN EENTOG
https://www.instagram.com/p/CGUDDJZgDlx/?igshid=56c53mmztis3


Waahhh... Dari namanya ajah udah keliatan ya kalo makanan khas Indramayu ini punya rasa pedas. Selain rasanya yang pedas, makanan satu ini juga memiliki kuah yang sangat pekat. Selain dari rasa pedas dan kuah rempah yang pekat hal yang istimewa dari makanan ini adalah menggunakan daging entog yang sudah di potong kecil-kecil. Jadi buat kalian yang suka banget sama olahan unggas dengan cita rasa yang pedas dan rasa rempah yang pekat wajib banget untuk rasain kuliner satu ini nih, so jangan sampe nyesel untuk ga nyoba makanan satu ini..


  •  PINDANG GOMBYANG MANYUNG

https://www.instagram.com/p/Bzj-O9ZlXMx/?igshid=y9qv7044a71e


Untuk kalian yang suka banget sama olahan ikan dengan kuah yang kental, bisa banget coba salah satu makanan berkuah nikmat satu ini nih. Pindang Gombyang Manyung, sesuai dengan namanya kuliner satu ini menggunakan bahan dasar ikan manyung terutama bagian kepala yang diambil dari laut nih. Jadi buat kalian yang suka banget sama olahan laut dan pencinta kuliner dengan rasa rempah yang kuat bisa coba salah satu makanan dengan kuah nikmat ini, apalagi di tambah nasi sebakul ya. Hemmm pasti nikmat banget nih..


  • BURBACEK
https://www.instagram.com/p/By8-wZkg442/?igshid=qydytf2f872f


Burbacek mendengar namanya mungkin merasa asing ataupun aneh. Burbacek adalah singkatan dari bubur rumbah cecek. Makanan burbacek menggunakan bubur dengan ditambah rumba atau hampir mirip dengan pecel dan tambah dengan cecek atau yang lebih kita kenal dengan krecek yang dicampur dengan cabai merah dan parutan kelapa. Makanan ini biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indramayu, sehingga banyak tempat makan khas Indramayu yang menyediakan makanan burbacek ini. Makanan burbacek banyak dijual dari pagi hari sampai sore, tetapi sekarang ini sebagian masyarakat ada yang menjual burbacek malam hari agar wisatawan yang berburu kuliner malam tetap bisa merasakan enaknya makanan burbacek.

  • WELTIS 
https://www.instagram.com/p/B5o_z09BRiF/?igshid=13bhfqilqirh6


Weltis atau biasa disebut kangkung petis ini terbuat dari bahan utama yaitu Petis atau air ikan pindang. Biasanya makanan weltis di Indramayu terdiri dari kangkung, bonteng dan kuah petis. Selain menggunakan sayuran kuah petis ini juga bisa digunakan untuk campuran buah-buahan untuk dijadikan rujak Petis. Untuk rasanya? Jangan ragukan lagi. So buat kalian yang berkunjung di Indramayu dan lagi cari yang seger-seger bisa langsung berburu kuliner dan coba Weltis atau Rujak Petis ini ya gaes..



Nahhh itu dia beberapa kuliner khas Indramayu yang bisa buat kalian merem melek karena rasa pedes dan segernya.. jadi buat kalian yang mampir dan kebetulan lagi di Indramayu harus wajib banget buat coba beberapa kuliner khas Indramayu yang punya rasa nampil banget.. 
Nanti Mimin bakal update lagi info apa ajah yang ada di Kota kelahiran Mimin ya..
So.. stay tune terus dan tetep jadi pembaca setiap Blog ini ya gengss...



Salam Lestari..
Salam Petualang..




Comments

Popular posts from this blog

TONGGERET !! SERANGGA BERNYANYI.

Tonggeret atau biasa disebut vampir bernyanyi ini termasuk jenis serangga yang hidup di hutan atau tempat yang memiliki banyak pohon dan berudara sejuk. Serangga ini termasuk dalam kemuarga Cicadae, serangga satu ini disebut juga sebagai Garengpung dalam bahasa Jawa. Bahkan selain Tonggeret dan Garengpung serangga satu ini disebut juga dengan Vampir bernyanyi. Karna dibagian mulutnya terdapat seperti jarum untuk menghisap sari untuk menjadi makanannya, sama seperti nyamuk. Tonggeret juga Biasanya  bernyanyi di pagi menjelang siang. Sambil hinggap di batang pohon yang besar, ia bersuara keras dengan menggesekkan kedua sayapnya.  Serangga ini memiliki bentuk tubuh seperti lalat raksasa namun dia memiliki sayap yang panjang ukuran tubuhnya pun bisa memiliki besar seperti jempol orang dewasa. Tonggeret merupakan serangga yang siklus hidupnya dianggap tidak sempurna. Terdapat empat fase metamorfosis tonggeret, yaitu fase larva atau telur, nimfa, muda dan tonggeret dewasa. M

DAUN GATAL : Si Hijau dengan berjuta manfaat

Bagi kalian yang gemar berkegiatan dialam bebas atau hutan, pasti tidak asing dengan daun yang satu ini. Daun gatal ini berasal dati timur Indonesia, tepatnya Papua dan Maluku. Daun yang bernama latin Laportea Decumana ini termasuk kedalam keluarga tanaman perdu (Urticaceaey). Tanaman ini hidup didaerah hutan basah dan tempat lainnya. Ciri-ciri dau gatal ini terdapat bulu-bulu halus dipermukaan daunnya. Mmanfaat dari daun gatal tersebut adalah dapat menyembuhkan pegal-pegal, namun selain dapat menyembuhkan pegal-pegal daun ini juga menyimoan manfaat lain untuk berbagai macam penyakit.  Nama lain dari daun gatal: Daun gatal, jelatong, salat, gofe, nik, nonde, nunt, nakau, dll. Daun gatal ini mengandung onoridin, flavonid, histidine, alkaloid, asam formiat, tryptoohan dan authraguinones. Daun gatal ini mempunyai banyak manfaat contohnya untuk mengobati; - Daun muda yang terdap pada tanaman daun gatal yang segar dapat dimakan dengan ubi jalar atau talas untuk mengobati sak

3 PENYAKIT YANG HARUS DIWASPADAI KETIKA MENDAKI !!!

Ketika kita melakukan kegiatan pendakian, kita diwajibkan untuk siap secara mental dan fisik. Karena jika kita tidak siap secara fisik dan mental akan lebih mudah terserang 3 penyakit ini saat melakukan pendakian. Berikut 3 tahapan dan cara penanggulangan 3 penyakit yang sering menyerang pendaki gunung. 1. HIPOTERMIA HIPOTERMIA adalah penurunan suhu tubuh dibawah normal. Penyebab HIPOTERMIA diatas gunung antara lain. • Pakaian basah • Luka yang terbuka lebar dan terpapar suhu dingin • Hipotermia akaan terjadi bila kita beeada didaerah yang bersuhu dingin. • Hipotermia sangat mudah terjadi jika seseorangterkena angin dingin, kelelahan, tubuh basah, kelaparan dan kekurangan oksigen diatas gunung. Gejala HIPOTERMIA biasanya seperi berikut • Suhu tubuh menurun drastis, bila diraba seluruh tubuh korban terasa dingin. • Frekuensi nadi, kuat atau melemah. Denyut nadi dan pernapasan tidak normal. • Penurunan kesadaran terhadap korban. Mengantuk, linglung dan mengigau.