Skip to main content

Sapaan Manis Gunung Pangrango 3019 MDPL Via Cibodas

Well henlow people!

Apa kabar kalian? Long time no see, hehehe
Okay, aku kembali dengan membawa segenggam pengalaman yang baru saja aku tunaikan kemarin pada 19 – 21 april 2019 lampau. Baru sempet aku ceritakan sekarang nih, karna sibuk pawrah brader. Kembali ke  topik cerita, jadi kemarin kami melakukan pendakian kolaborasi antara HIPO bersama INTIP (Indonesia Ngetrip) ke Gunung Pangrango 3019 MDPL via Cibodas.
Perjalanan dimulai pada jumat tanggal 19 april 2019 jam 10 pagi aku berangkat dari depok menuju Stasiun Nambo menggunakan KRL Jabodetabek dari Stasiun Depok Baru. Kesalahan terbesar adalah aku gak liat dulu jadwal keberangkatan kereta Nambo yang sangat amat jarang banget, nahloh boros banget dah tuh bahasa gua wkwk.

Ternyata aku dapet keretanya jam 12:10 siang. Anjrit gak tuh? Padahal temen aku yang namanya eriyan (uwa) udah nungguin aku dari jam 11 di Stasiun Nambo. Parah gak sih temen kaya gua? Yaudahlahya, sowri iyan. Lanjut dengan drama berikutnya, aku udah naik kreta kan dan karna saking rush-in aku lupa kalo aku malah turun di stasiun Cibinong!! Gila gak sih lu? Pantesan nyari iyan ga ketemu – temu dong, orang salah turun wkwk. Yaudah aku langsung lari lagi ke kreta yg sama, Alhamdulillah gaez itu kreta masih maintenance jadi agak lama brenti. Lari dong ogut ngejar kereta lagi, kalo sampe ga dapet mah bisa naik kreta jam 3 sore wkwk.

Akhirnya sampe di Nambo jam 02:30 siang. Untung gak diomelin sama iyan wkwk. Kemudian otw ke Cariu, disana udah ada sidiq (kodok) buat barengan berangkat menuju Basecamp cibodas.
Kita naik motor kesana bertiga, tujuan kita ke basecamp Lentera Indonesia. Hatur nuhun abah Dadang Kumis yang dengan hangat menerima kami buat bobo di ruangan yg haneut pawrah. Sampe tidur tuh kaya yang pules banget, karen semalem keujanan dari Cikalong - Cibodas tanpa mantel wkwk.
Ngopi dulu di cipanas takut hampitormia karena hipotermia sudah biasa wa wkwk. Subuh pun tiba, ternyata rombongan lain sudah kumpul di bc edeleweiss. Kami bertiga menyusul yang lain kesana, mengumpulkan data, regis dan tes kesehatan. Selepas dari itu, kami berfoto dan mulai melakukan perjalanan pada pukul 8 pagi waktu setempat.

Trek dimulai dari Panyacangan – rawa denok 1 – rawa denok 2 – batu kukus 1 – batus kukus 2 – batu kukus 3 – kandang batu – kandang badak. Waktu tempuh kami adalah 8 jam. Karena kami ngabri dan beberapa dari kami sempat cedera di pos Air panas. Kalobaan sangu asak, jasmine lemah wkwk. Di kandang badak kita gak kedapetan tempat yang ngenah buat syare, karna kita di tepian lembah wkwk. Tapi selagi ada kopi dan dia, semua terasa indah, ahaha sudi. Sedang asik bercengkrama, aku pengin pipis tiba – tiba, mau ke toilet tapi jauh dan padet pawrah sama tenda pendaki lain, mana gitu mereka (temen satu tim) semua udah pada ke toilet jadi weh weuh baturan ;( disaranin pipis dibelakang tenda, jadi nurut weh. Pas mau cingogo berasa ada yang merhatiin wkwk, wajar aja lah gila kandang badak udah kaya JI – EXPO rame bangeud. Langsung gancang kembali ke jajaran dan balik masuk ke tenda karna wajig bro tiis pisan.

Skip

Kita semua masuk tenda karena jam 11 aku cek suhu sudah 16℃ dan itu dingin coy. Jam 03:30 dibangunin a shanang buat summit. Piraku gaez? Kudunya mah jam 04 :30. Jadi karna ngopi dulu jam 5 baru summit attack. Engap tjoy asli sangu asak mulu gua wkwk. Kita dibagi menjadi 3 regu, tim pertama sang para Gercep (termasuk aku, tapida sangu asak mulu). Tim kedua, para pejalan santai, mau cepet ayo, mau launan oke. Dan tim terakhir yang selaw dan relax pawwrah.
Step by step kami lalui dengan langkah kecil, perlahan namun pasti kami menelusuri hutan belantara pangrango pada pagi buta. Langkah mulai chaos seketika mengingat trek summit pangrango yang bikin bete, anjrit woy gak jarang kita diminta untuk jalan jongkok karna pohon tumbang dan bisa juga memanjat pohon yang tumbang karena kapasitas untuk jongkok sangat minim akibat permukaan tanah dan batang pohon yang dekat. Pohon yang tumbang buat kita gelisah, galau bahkan pilu, manjat ya tingginya bisa sampe pinggang, jongkok kaga muat :(
aku ingin langsing tapi cinta KFC. Aduh gimana ini..

2 jam berjalan dengan beberapa sangu asak (kode minta break) yang dilontarkan oleh kami, kami sampai di trek landai dan beberapa dari tim gercep menunaikan sholat subuh. Uizz idaman beud khans?

Wagelaseh.

Kami melanjutkan perjalanan dan udah mulai terang, karena summit untuk mendapatkan sunrise bagi para sangu asak adalah hal yang fana. Lagi pula di tengah perjalanan kami bisa melihat pemandangan Gunung Gede yang luar biasa Masha Allah kerennya. Ibaratnya lu kaya lagi nonton sinema perang Indosiar, abis kena awan kabut ada sesuatu yang dia tutupin. Pas tirai (kabut) kebuka.. Eng ing eng.. Indah dan jelas sampai kawahnya kami bisa pantau disepanjang perjalanan. Terimakasih gusti Allah, kami mensyukuri segala yang telah Kau titipkan.

Tim gercep mulai menunjukan eksistensi kegercepannya, satu persatu mereka melakukan Kage bucin eh salah kage bunshin no jutsu ke puncak. Akselerasi mereka cepet parah, pelakunya adalah A sanang, jaki, jani, iyan, aan, intan, teh siti, a riyan alias dadang, a ganjar dan a asep. Mereka menghilang dari pandangan mata disetiap pengkolan gang senggol di jalur summit. Dari a riyan dan a asep yang sering bantuin mulai leleus dan bilang mau duluan, oke baiklah, napasku tidak selapang kalian, jadi aku lalaunan aja wkwk. Trek gang senggol gokil bro ukurannya 1 kaki doang, jadi gua jalan miring coba siga nu he euh. Dan ternyata Sisa gua dan delvin di tim gc. Gokil men, gua berdua dia doang di trek, untung manehna adi nu ngabakti ka lanceuk pisan ey. Coba Tanya dia, gimana rasanya jadi partner gua pas muncak, ripuh pasti. Yaudahlah ea.

Foto pertama bareng Delvin

Foto kedua bareng Jani sama Mang Andri

Foto pas di puncak hehe

Akhirnya kami sampe di puncak pangrango jam 9 pagi, gila ye? Kendor parah wkwk. Kita foto dulu di tugu, terus ketemu julpi dipuncak. Sama sama kita turun ke lembah mandalawangi, deket sih sekitar 15 menitan kayanya. Apa karna turun ya jadi asa hampang wkwk. Pas setelah keluar dari semak cantigi yang bisa sampe 3 -10 meter tingginya, kami sampai di Mandala wangi. That really surprising us mate! Edelweissnya masih tinggi tinggi, lagi mekar men. Ah gua auto merinding coy… karna pen pipis deng hehe..
Kami lanjut pasang banner dan foto – foto. Kebetulan ada regu pendaki lain yang ngajak kita bikin audio – visual pake drone / pesawat tanpa awak yang bisa mendokumentasikan video dengan melawan gravitasi. Wakacao kaga nolak lah kita, komo deui kami adalah para hamba eksistensi media social wkwk. Ngobrol – ngobrol lah kita, ngumpul sambil bercandaan disitu.

Jam menunjukan pukul 11 siang, kami bergegas ambil perbekalan pasokan cai herang di mataair Mandalawangi. Regu diacak, personil regu GC, Santai dan Launan tidak lagi sama. Hayoh weh nu hayang tipayun nepi kandang badak karna ada tugas asak sangu untuk liwetan. Akhiranya tim gercep ada sekitar 12 orang.
Liwetan gaez

Jalur itu terbagi menjadi 2 jenis ; yang landai tapi muterin lingkar trek atau sosorodotan dengan akar tapi deket dan langsung bisa sampe kalo salah langkah dan tigebrus (ke jurang) aslina ieu. Mereka semua ambil jalur kanan yang cepet, karna gua gamau ambil resiko tisereleu ya gua sendiri ambil jalur kiri yang landai. Karna gua takut, gua rada lari deh tuh ye.

Alhamdulillah gapape, karna gua telah mengatur ion dibadan supaya gravitasi 2x lipat, tapi boong. Nah di jalur suram akar, gua lupa gak muterin trek dan udah setengah jalan buat turun. Mau naik lagi ya tengsin, yaudah hajar ajedah tuh. Untuk ada mang cimot yang udah nungguin dibawah, uiz sweeper MAJIMANTUL – Mantap Jiwa Mantap Betul. Yang mau liat proses gua tisoledad dijalur, lets cek Instagram acu yes @octav_on

Sampe di jalur 1/satu (jalurnya bentuk angka satu) ternyata mang andri nungguin aku, leader idaman memang lah manehna wkwk. Jadinya gua berdua mang andri lalaunan lewat jalur kiri aja, gak nganan karna rame orang. Gua suka gugup kalo diliatin pas turun trek, wkwk. Untung mang andri mau nemenin di jalur kiri, lagi jalan asik ngobrol sama mang andri, akhirnya gua menemukan alasan yang bikin gua bikin tulisan ini. Lets get to the point!

Kami berdua bertemu 1 pendaki wanita, namanya teh Riana asal Bandung. Footwear yang dipakai tidak safety untuk trek pangrango yang Subahanallah sexy. Dia pakai sandal outdoor, katanya sepatunya jebol. Pas ditanya, kenapa jalan sendiri dia jawab temen yang lain niggalin dia. Auto liat – liatan sama mang andri ngasih kode bahwa JANGAN NINGGALIN TEMEN DIGUNUNG APAPUN KEADAANNYA. Biarin cukup gebetan aja yang ninggalin pas udah nyaman, yang penting kita jangan. Sebenarnya teh Riana dan rombongan sering banget papasan sama tim kita waktu di curug cibereum menuju Kandang badak. Balap – balapan di trek, tim kita break gantian mereka jalan, begitu juga sebaliknya.
Bener aja, 10 menit jalan ada kali 2x dia kepeleset karna tanah gembur. Sampe di pengkolan tanjakan setan, kakinya keseleo, pergelangan kakinya tertekuk dan dengkulnya geser. Gua gercep ambil P3K di tas mang andri, gua yang pijitin sela kakinya yang mulai biru. A..jeg panik uing, akhirnya dituntun turun sampe kandang badak sama mang andri. Regu belakang nyusul, ada delvin, a sanang, mang asko,  febi sama siapa lagi poho ey.

Gua minta izin turun duluan bareng delving, karna laper parah gua. Lalaunan gua turun berdua dan buru buru sampe ke kandang badak. Makan dan siap – siap untuk turun jam 4 sore. Ekspektsi kami jauh diluar dugaan, semua ngaret karna kejadian ini. Kami tidak menyalahkan pihak manapun, semua sudah diatur Tuhan agar kita bisa belajar apa arti KEKOMPAKAN. Semua duluan, sekarang posisi gua ada di garis paling belakang untuk gentian sama mang andri untuk nuntun teh Riana, Handy Talky low bett semua dan sulit menghubungi Ranger karna gak kunjung nemu saluran mereka.

Salah satu teman regu yang berperan sebagai Sweeper di tim Teh Riana menyusul sambil tersengal – sengal lari mencari kemana 1 anggota regunya yang ternyata sedang kami bopong. Alasan dia meninggalkan temannya ini sangat menyakitkan untuk didengar. Dia bilang sedang melakukan ekspedisi khusus dan gengsi untuk berada diposisi belakang untuk memantau regunya.
 Jujur banget ke kami, yang notabennya kami tidak mengenal dia dan bukan sesiapanya. Semua berjalan dramatis dan Beruntung tim kami nunggu di Curug Cibereum sebelum pos air panas. Keadaannya semakin sulit, sampai kami bertemu pendaki lain yang memiliki HT dan meminta tolong untuk menghubungi Green Ranger.

Sembari menunggu tandu yang dibuat dari webbing dan batang akar kokoh, a ganjar berperan lagi ngurut kaki teh riana. Setelah selesai teh Riana naik diatas tandu yg sudah dilapis Hammock dan diberikan Sleeping Bag. Suasana semakin tegang karna kami banyak diam suhu terasa mengigit kulit mengingat air curug yang menderu membuat cipratan embun air yang buat semakin dingin. Akhirnya berhasil diangkat dan para evakuator pertama yaitu A sanang dan Mang cimot silih berganti menandu, mang andri yang membuka jalur, mang asko yang mengarahkan anak – anak, dan a ganjar tepat penitipan keril. Semua turut sakit diinsiden itu.

Sampai di Pos Air Panas tandu diperbaiki dan bertukar evakuator angkat tandu. Dan dipos rawa denok 2 kami memutuskan untuk turun terlebih dahulu karena mengurangi resiko hipotermia akibat keringat yang basah dan banyak diam menunggu evakuator menyelesaikan penanganan. Gua, eriyan, jani, teh siti, teh nita, febi, kang dayat, a ganjar, dan aan yang paling pertama turun. Banyak drama di sepanjang trek, mulai dari senter kepala yang moal caang, mata yang buram dan pandangan kabur hingga kelelahan. Terutama febi, yang mengalami banyak hambatan untuk turun karena kelelahan. Sampai sulit diajak komunikasi karena tersengal mengatur nafas. Eriyan hampir koleps karna membawa bawaan yang banyak. Sampai trash bag yang dibawa dioper ke kang erdi untuk dibawa. Kami beberapa kali bertemu tim Ranger yang sedang terburu – buru menuju TKP untuk membantu evakuasi. Di pos air panas kami bertemu pendaki yang kakinya keseleo dan Hipotermia. Mereka semua berjajar di air panas menunggu tim mengevakuasi mereka. Sampai keril yang saya bawa nyangkut didengkul mereka wkwk. Hadeuhh

Singkat cerita, kami sampai di pos laporan TNGGP yang dekat dengan bank sampah. Karena lupa data ada di tim evakuator, kami tidur di warung dekat pos penjagaan sambil menunggu mereka. Tebak jam berapa? Jam 2 pagi men. 10 jam trekking  hoream kalo diinget mah. Tapi da seruuuu. Kami turun ke basecamp edelweiss dengan setengah sadar. Rada linglung pas udah pagi, perasaan gua tuh kaya ada yang salah. Ternyata itu hari senin, biasanya jam segitu gua mandi berangkat Kuliah tapi masih ngorok di basecamp edelweiss.

Mendengar kabar teh riana sudah sampai di Basecamp Lentera Indonesia dan telah dapat penanganan yang baik ya aku bersyukur. Pas balik lagi ke bc tempat gua istirahat kemarin buat ambil motor, ternyata teh riana sudah pulang kata abah dadang kumis.

Lanjut balik arah ke depok dengan motor konvoi bareng sidiq sama eriyan. Komo pegat wae rantai ajig wkwk.

Sebenernya foto masih banyak banget. Tapi Hoream uploadnya :( cek aja IG aku yaaa

@Octav_on

Nah Kira kira begitu ceritanya gaez, omat nya untuk maraneh. Puncak gak akan kemana – mana, pertimbangkan dulu tim dan keadaan kondisi sebelum meninggalkan teman dijalur. Naik bareng, turun juga harus bareng.  Satu pincang, semua harus pincang. Dalam artian, saling menjaga satu sama lain. Sampai sini dulu gaez.

See you soon!!

MUNCAK OUTDOOR
Z’TAPAK
BULLHEAD OUTDOOR

Dan Media Partner serta Team Support yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu..

Salam Satu jiwa Petualang.

SAMPURASUN!!

Hak Cipta : Octavioni Syifa Jasmine

1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

Popular posts from this blog

TONGGERET !! SERANGGA BERNYANYI.

Tonggeret atau biasa disebut vampir bernyanyi ini termasuk jenis serangga yang hidup di hutan atau tempat yang memiliki banyak pohon dan berudara sejuk. Serangga ini termasuk dalam kemuarga Cicadae, serangga satu ini disebut juga sebagai Garengpung dalam bahasa Jawa. Bahkan selain Tonggeret dan Garengpung serangga satu ini disebut juga dengan Vampir bernyanyi. Karna dibagian mulutnya terdapat seperti jarum untuk menghisap sari untuk menjadi makanannya, sama seperti nyamuk. Tonggeret juga Biasanya  bernyanyi di pagi menjelang siang. Sambil hinggap di batang pohon yang besar, ia bersuara keras dengan menggesekkan kedua sayapnya.  Serangga ini memiliki bentuk tubuh seperti lalat raksasa namun dia memiliki sayap yang panjang ukuran tubuhnya pun bisa memiliki besar seperti jempol orang dewasa. Tonggeret merupakan serangga yang siklus hidupnya dianggap tidak sempurna. Terdapat empat fase metamorfosis tonggeret, yaitu fase larva atau telur, nimfa, muda dan tonggeret dewasa. M

DAUN GATAL : Si Hijau dengan berjuta manfaat

Bagi kalian yang gemar berkegiatan dialam bebas atau hutan, pasti tidak asing dengan daun yang satu ini. Daun gatal ini berasal dati timur Indonesia, tepatnya Papua dan Maluku. Daun yang bernama latin Laportea Decumana ini termasuk kedalam keluarga tanaman perdu (Urticaceaey). Tanaman ini hidup didaerah hutan basah dan tempat lainnya. Ciri-ciri dau gatal ini terdapat bulu-bulu halus dipermukaan daunnya. Mmanfaat dari daun gatal tersebut adalah dapat menyembuhkan pegal-pegal, namun selain dapat menyembuhkan pegal-pegal daun ini juga menyimoan manfaat lain untuk berbagai macam penyakit.  Nama lain dari daun gatal: Daun gatal, jelatong, salat, gofe, nik, nonde, nunt, nakau, dll. Daun gatal ini mengandung onoridin, flavonid, histidine, alkaloid, asam formiat, tryptoohan dan authraguinones. Daun gatal ini mempunyai banyak manfaat contohnya untuk mengobati; - Daun muda yang terdap pada tanaman daun gatal yang segar dapat dimakan dengan ubi jalar atau talas untuk mengobati sak

3 PENYAKIT YANG HARUS DIWASPADAI KETIKA MENDAKI !!!

Ketika kita melakukan kegiatan pendakian, kita diwajibkan untuk siap secara mental dan fisik. Karena jika kita tidak siap secara fisik dan mental akan lebih mudah terserang 3 penyakit ini saat melakukan pendakian. Berikut 3 tahapan dan cara penanggulangan 3 penyakit yang sering menyerang pendaki gunung. 1. HIPOTERMIA HIPOTERMIA adalah penurunan suhu tubuh dibawah normal. Penyebab HIPOTERMIA diatas gunung antara lain. • Pakaian basah • Luka yang terbuka lebar dan terpapar suhu dingin • Hipotermia akaan terjadi bila kita beeada didaerah yang bersuhu dingin. • Hipotermia sangat mudah terjadi jika seseorangterkena angin dingin, kelelahan, tubuh basah, kelaparan dan kekurangan oksigen diatas gunung. Gejala HIPOTERMIA biasanya seperi berikut • Suhu tubuh menurun drastis, bila diraba seluruh tubuh korban terasa dingin. • Frekuensi nadi, kuat atau melemah. Denyut nadi dan pernapasan tidak normal. • Penurunan kesadaran terhadap korban. Mengantuk, linglung dan mengigau.