Skip to main content

JAMUR HUTAN YANG BISA DI KONSUMSI



Hallo sobat HIPO !!! Bagaimana kabar kalian? Sangat Luar Biasa kan? Kali ini Mimin mau kasih informasi tentang jenis jamur hutan yang bisa dimakan. Kalian pasti pernah mengonsumsi jamur kan apalagi tumis jamur masakan Bunda. Mau tahu jenis jamur hutan apa saja yang bisa kalian konsumsi ketika sedang melalukan kegiatan diluar ruangan.



1. JAMUR SUUNG BULAN ( Gymopus sp )




Jamur jenis ini memang belum dibudidayakan, jamur ini biasanya tumbuh ketika musim penghujan. Selain di hutan jamur ini juga bisa tumbuh dilingkungan lembap lainnya seperti dipinggir rumah atau di kebun dan tanah yang mengandung banyak organik. Jamur ini memiliki ciri dengan tudung kecokelatan dan batang panjang yang lurus serta berwarna putih bersih.

2. JAMUR SUPA KELAPA ( Calvatia )



Sama seperti Suung Bulan jamur ini belum dibudidayakan, Jamur Supa Kelapa juga disebut jamur bulat. Jamur ini biasa hidup ditempat yang lembap Supa Kelapa juga biasa tumbuh dibawah pohon kelapa dan lapangan.
Jamur ini memiliki ciri tubuh berwarna kekuningan bahkan coklat muda, dan jika sudah tua jamur ini akan mengeluarkan serbuk ketika dipijat.

3. JAMUR PAYUNG ( Collybia )



Jamur ini biasa tumbuh pada batang pohon besar yang sudah mati dan lapuk. Jamur ini juga memiliki ciri seperti payung sama seperti namanya. Biasanya jamur ini berwarna coklat bercorak putih dengan tubuh tangkai coklat gelap.

4. JAMUR MARASMIUS



Marasmius merupakan jamur liar tapi tetap dapat bisa dikonsumsi. Jamur ini memiliki ciri tubuh yang sama dengan jamur payung lainnya. Dengan tubuh panjang dengan warna putih kecokelatan atau putih kekuningan.

5. JAMUR HIDNUM ( Hydnum )



Jamur yang habitat hidupnya biasa menempel pada batang pohon yang sudah lapuk dan tumbuh juga pada tanah yang berhumus. Jamur ini memiliki ciri seperti payung terbalik dengan warna putih sedikit kuning bahkan putih kecokelatan

Sebenarnya masih banyak tumbuhan yang dapat kamu konsumsi di alam terbuka selain jamur, ada pula buah-buahan bahkan sayur yang tumbuh liar di hutan juga bisa kamu manfaatkan asal dengan cara mengolah yang baik. Naaah sekarang sobat HIPO tahukan jamur apa saja yang bisa di konsumsi jika sedang melakukan kegiatan dialam bebas. Kan Tuhan sudah memberikan semua yang ada dialam untuk kita manfaatkan tapi dengan cara yang baik dan tidak berlebihan yaaa.!!!

Selamat bermasak-masak jamur riaaaa..
Semoga bisa bermanfaat.
Selamat Berpetualang.
Salam Ngopi Sampai Ngantuk !!

Comments

Popular posts from this blog

TONGGERET !! SERANGGA BERNYANYI.

Tonggeret atau biasa disebut vampir bernyanyi ini termasuk jenis serangga yang hidup di hutan atau tempat yang memiliki banyak pohon dan berudara sejuk. Serangga ini termasuk dalam kemuarga Cicadae, serangga satu ini disebut juga sebagai Garengpung dalam bahasa Jawa. Bahkan selain Tonggeret dan Garengpung serangga satu ini disebut juga dengan Vampir bernyanyi. Karna dibagian mulutnya terdapat seperti jarum untuk menghisap sari untuk menjadi makanannya, sama seperti nyamuk. Tonggeret juga Biasanya  bernyanyi di pagi menjelang siang. Sambil hinggap di batang pohon yang besar, ia bersuara keras dengan menggesekkan kedua sayapnya.  Serangga ini memiliki bentuk tubuh seperti lalat raksasa namun dia memiliki sayap yang panjang ukuran tubuhnya pun bisa memiliki besar seperti jempol orang dewasa. Tonggeret merupakan serangga yang siklus hidupnya dianggap tidak sempurna. Terdapat empat fase metamorfosis tonggeret, yaitu fase larva atau telur, nimfa, muda dan tonggeret dewasa. M

DAUN GATAL : Si Hijau dengan berjuta manfaat

Bagi kalian yang gemar berkegiatan dialam bebas atau hutan, pasti tidak asing dengan daun yang satu ini. Daun gatal ini berasal dati timur Indonesia, tepatnya Papua dan Maluku. Daun yang bernama latin Laportea Decumana ini termasuk kedalam keluarga tanaman perdu (Urticaceaey). Tanaman ini hidup didaerah hutan basah dan tempat lainnya. Ciri-ciri dau gatal ini terdapat bulu-bulu halus dipermukaan daunnya. Mmanfaat dari daun gatal tersebut adalah dapat menyembuhkan pegal-pegal, namun selain dapat menyembuhkan pegal-pegal daun ini juga menyimoan manfaat lain untuk berbagai macam penyakit.  Nama lain dari daun gatal: Daun gatal, jelatong, salat, gofe, nik, nonde, nunt, nakau, dll. Daun gatal ini mengandung onoridin, flavonid, histidine, alkaloid, asam formiat, tryptoohan dan authraguinones. Daun gatal ini mempunyai banyak manfaat contohnya untuk mengobati; - Daun muda yang terdap pada tanaman daun gatal yang segar dapat dimakan dengan ubi jalar atau talas untuk mengobati sak

3 PENYAKIT YANG HARUS DIWASPADAI KETIKA MENDAKI !!!

Ketika kita melakukan kegiatan pendakian, kita diwajibkan untuk siap secara mental dan fisik. Karena jika kita tidak siap secara fisik dan mental akan lebih mudah terserang 3 penyakit ini saat melakukan pendakian. Berikut 3 tahapan dan cara penanggulangan 3 penyakit yang sering menyerang pendaki gunung. 1. HIPOTERMIA HIPOTERMIA adalah penurunan suhu tubuh dibawah normal. Penyebab HIPOTERMIA diatas gunung antara lain. • Pakaian basah • Luka yang terbuka lebar dan terpapar suhu dingin • Hipotermia akaan terjadi bila kita beeada didaerah yang bersuhu dingin. • Hipotermia sangat mudah terjadi jika seseorangterkena angin dingin, kelelahan, tubuh basah, kelaparan dan kekurangan oksigen diatas gunung. Gejala HIPOTERMIA biasanya seperi berikut • Suhu tubuh menurun drastis, bila diraba seluruh tubuh korban terasa dingin. • Frekuensi nadi, kuat atau melemah. Denyut nadi dan pernapasan tidak normal. • Penurunan kesadaran terhadap korban. Mengantuk, linglung dan mengigau.