Skip to main content

Kabut Lembut Gunung Cikuray 2821 Mdpl via Kiara Janggot

Assalamualaikum Barudaks!!

Selamat pagi / siang / sore / malem / subuh tergantung kapan kalian baca ini. Kumaha sadayana? Damang kan gaez? Alhamdulillah jasmine mah sae..
Balik lagi kepada blog HIPO Indonesia, maaf banget pembaca setiaku, saya dan pengurus blog ini sudah semakin padat kegiatan jadi jarang sekali menulis di blog. Kalau nulis kenangan mah saban poe gaez wkwk.

Back to topic, kali ini saya mau berbagi cerita tentang Kolaborasi Pendakian Silaturahmi dengan Indonesia Ngetrip yang kedua. Setelah Gunung Pangrango 3019 Mdpl via Cibodas, sekarang Gunung Cikuray 2821 Mdpl via Kiara Janggot pada 15 - 16 juni 2019.

Seperti biasanya, selalu ada cerita dibalik pendakian silaturahmi antara HIPO – INTIP – dan komunitas yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu disini.

Perjalanan dimulai dari term. Kp Rambutan keberangkatan dari depok menuju bandung untuk bertemu titik kumpul bersama sahabat pena wkwk. Saya berangkat bersama dd gemez bogor, si delvino capruk. Bis berangkat jam 4 sore, harga yang dipatok sekitar Rp. 60.000,- kalo gak salah inget ya. Sampe dibandung sekitar jam 7 malem di Jl. Jend sudirman di Pasirkoja. Sampe semuanya kumpul jam 9 malam, yaa namanya juga mahluk tuhan paling special yaitu manusia, kudu telat minimal 1 jam lah paling cepet wkwk. Setelah semuanya kumpul, baru mulai pembagian transportasi angkut sampai ke BC Kiara Jangot.

Drama pertama dimulai, si akang yang bawa mobil sedikit terkendala karna trek menuju BC luar biasa Allahuakbar nanjak, dan kapasitas didalam mobil isinya XL semua ;( mungkin kalo tuh mobil bisa teriak auto teriak kita “woy abot woy” ;( jadi perjalanan sedikit tersendat ditengah jalur dan terpaksa turun supaya mobilnya naik. Sambutan yang luar biasa dari desa Dangiang karna ditemani gerimis lucu dan hembusan angin kabut yang membuat kulit beteung (perut) mengkerut. Setelah rojer pihak BC, kami dijemput untuk diarahkan ke BC karna waktu sudah menunjukan pukul 12 malam. Jalanan menuju BC tidak dianjurkan pada malam hari gaez, karna gelap ga ada lampu dan licin. Jadi khawatir tiba – tiba ada pukulan nostalgia dengan si dia dari balik pohon besar hutan garut :(
Singkat cerita kami sampai di bc, Alhamdulillah turun gerimis badag alias hujan wkwk. Kami angkut keluar barang dari mobil dan cari tempat neduh. Kami berteduh di mushola karna tidak terlalu banyak lapak untuk istirahat yang disediakan. Yaiyalah kan di bc pendakian, yang nyaman mah hotel dan bahu sandaran. Halah naon si :( Asli daks, tiis banget bro disitu. Tapi asal ada kopi, teman dan gebetan semuanya nikmat. Biar kopi saja yang dingin, obrolan dan suasana jangan yaa wkwk. Setelah ngurusin tempat buat istirahat anggota peserta pendakian, kita tidur. Eh bukan kita deh, aku doang :(

Kita bobo udah kaya pepes tahu, mepet tertumpuk biar angeut. Karena kapasitas mushola ga terlalu luas jadi yg didalem Cuma yg ciwi – ciwi aja dan si aa aa semua bobo didepan, ada juga yang ga tidur sii karna gada lapak wkwk. Semua lapak habis karna aku :( ada sebagian yang sudah sampe duluan, mereka istirahat didalem warung abah. Kang sandi bobo pake kantong plastik sampah, selimut revolusi windproof dan waterproof terbaik jaman now gaez.
Pagi pun tiba, setelah mengurus registrasi anggota dan berdoa bersama disertai briefing kami berangkat dari bc sekitar jam 8 pagi disertai gerimis. Seperti biasa, regu dibagi menjadi 3 bagian. Tim leader si Dengkul mabur, tim middle si kamana karep mau pelan ayo mau gancang ayo, tim Sweeper si lalaunan tapi pasti. Hayo yang baca ini, kalian yang mana? Hehe

Di pos 1 kami dibikin galau, karna kena gerimis kinyis – kinyis yang kalo didiemin bikin basah juga si. Semua nepi di ladang pertanian yg kosong buat make mantel, ada kang tyo yang digulung make fly sheet karna ga ada mantel, samarukna jalmi lepet :( Ada juga yg gamake karna kayanya dia tau itu hanya hujan PDKT, alias sebentar. Perjalanan dimulai dengan trek perkebunan, kanan kiri pertanian berasa di Harvest Moon Land gaez

Beneran gaez treknya nanjak banget dan dikit bonusnya, reuwas aku gaez. Setelah bertemu shelter pos 1 kami mulai masuk tirai hutan Cikuray, disini perjalanan kami mulai. Alhamdulillah sama seperti pendakian ke  Pangrango, malam hujan dan dingin tapi diperjalanan cerah sekali. Gak panas dan gak mendung, pokonya nikmat membuat kami lupa kukulutus dengan treknya.
Bagaimanapun trek, tetap harus saling membantu. Kami berjumlah 49 orang. Waw kan? Kami berjalan santai dan tidak ada yang kami kejar kecuali hidayah Allah. Berikut adalah estimasi perjalanan, tapi semua tergantung kekuatan pemain didalam anggota.
Basecamp – Pos 1        : 1 jam
Pos 1 – Pos 2               : 1 Jam
Pos 2 – Pos 3               : 2 Jam
Pos 4 – Pos 5               : 2 Jam 30 Menit
Pos 5 – Pos 6               : 2 Jam
Mataair hanya ada di Pos 2. Kami camp di pos 6  langit sudah gelap. Kira kira total pendakian sekitar 8 jam 30 menit. Tapi ada yang sudah duluan sampe dan buka tenda untuk kami, ada juga yang belakangan sampe.

Sampai di camp area pos 6, kami masak dan makan lalu istirahat. Perasaan gelisah selalu menghantui, ternyata belum nyeduh indomi :( alah gusti wkwk. Jam 9 mulai masuk tenda karena dingin banget, walau gak sedingin sikap dia sih.
Saya setenda dengan dd dd kuman favorit ku, Intan, Liza, Aan sama rahma. Kami sebut geng teletabis. Posisi tenda yang dipasang miring gaez, jadi kita mrosot terus pas tidur, tapi tetep aja nyenyak wkwk. Bisa dibilang ini adalah tenda singgasana karena isinya logistik dan bidadari sudi. Jam 4 pagi ada suara alarm  summit dari suara kang awe. Gatau kenapa kok mendadak semangat, padahal udah bilang sama akang gamau summit, kaya napas gua tuh tinggal setengah gitu, soalnya kan separuh napasku itu dirimu, engga deng hehe. Perasaan gua tuh kaya cape banget ngadepin pos 4 ah hoream pokonya kalo diinget ;( akhirnya bersiap summit jam 5, kesiangan parah kan? Posisi jadi tim lalaunan bareng kang asep, ida, sama kang sandi seperti couple fighter kita berempat ahaha. Sampe puncak jam 8 pagi, karena leleus uwa akutu. Tapi cikuray memang adil dan tidak mengecewakan kami yang sudah susah payah menerabas hutan pos 7, kita masih disisain samudra diatas awan. Karna sudah liat golden sunrise di tengah perjalanan jadi gak sedih gitu.

Kami popotoan diatas sampe jam 10 pagi, lalu turun bareng semuanya. Tetep jadi tim selaw pas turun. Saya, kang aam, liza dan kang riki makan cuanki dulu di pos 7. Si akang yang jual bilang hasil dagang cuanki 10rebu semangkok itu buat modal nikah, pantes asin parah jir tapi enak karna makannya bareng balads dan sambil liat kota garut dari ketinggian.
Sampai di pos 6 lagi jam 11 lewat 15, inget banget gua itu wkwk. 50 meter sebelum pos, ketemu kang amin dan mang andri lagi nyari si bocil Aan yang belum sampe juga padahal kita adalah tim terakhir. Ternyata dia salah jalur ke pemancar sampe pos 3. Di pos 7 ke pos 6 ada persimpangan antara kiara janggot dan pemancar, karna dia nuturkeun akang kasep jadi keasikan ambil jalur kanan, dasar panon keranjang emang si bocil. Batur hariwang ini si leutik kamana wkwk.

Pertigaan jalur pemisah hubungan kita, maksutnya pemisah Basecamp

Ngeliwet dulu sebelum pulang, seperti biasa tradisi tim kami.vMemang cuma sebagian yang ikut makan, karena tim regu lain punya menu  signatur masing – masing, tapi mahluk hoream asak seperti aku mah menghorekan masakan batur saja wkwk.

Jam 1 siang kami bersiap turun dan berdoa dulu pastinya, supaya selamat sampai tujuan. Kami turun bareng dan jalan sedikit ngebut karna sudah kesorean. Semua berjalan lancar, kami berkumpul di pos 2 mataair jam 4 sore. Makan, istirahat dan mengambil persediaan air untuk bekal turun dibawah.
Perjalanan melambat karena kaki liza cidera, karena sudah merasa gak nyaman dengan suasana, saya dan kang asep jalan duluan, kami berpisan di pos 1. Ada kang cimot, kang dayat, amar dan kang amin (ranger) yang sudah back up. Di pos 1 tanah dan bebatuan 300m menuju jalan hotmix kabut turun dan angin lumayan kencang. Saya berusaha tetap focus dengan sedikit obrolan ringan dengan kang asep supaya tidak tegang. Sampai di bc jam setengah 7 malam.

Baru juga duduk sebentar, eh mang cimot sama kang amin turun bertiga liza dimotor yang kondisinya pingsan karena satu hal. Kami gegas evak dan memindahkan kedalam warung yang lebih hangat. I don’t have any idea itu gejala hipotermia atau bagaimana yang jelas kami semua tegang. Karena suhu tubuhnya normal dan bibir tetap basah. Kang sobar dan kang ipan yang bantu proses pemulihan. Saya dan ida yang bantu menggantikan baju. Sampai akhirnya dia siuman, saya pergi ke mushola dan duduk beristirahat karna lelah sekali gaez princess tuh. Kami bersiap pulang jam 9 malam dan sampai di titik mepo awal jam 1 malam. Semua pulang kerumah masing – masing dalam kondisi sehat sentosa dan sesuai formasi sebelumnya.

Sampai disini ya daks ceritanya. Mohon kritik dan sarannya untuk cerita berikutnya. Tidak bosan saya ingatkan bahwa jangan tinggalin temen di trek bagaimanapun keadaannya, perhatikan dulu situasi kondisi dan back up survivor. Biarin aja gebetan yang ninggalin tanpa memandang situasi, kita jangan. Hehe see you gaez..

HATUR NUHUN Kepada
Kang Sobar sebagai Tetua Basecamp Cikuray Via Kiara Janggot
Kang Ipan sebagai Kepala Registrasi
Kang Amin Ranger
Team Support dan Media Partner yang tidak bisa disebutkan semuanya.

SAMPURASUN!!!

1. Maaf punya kontak nya KANG SOBAR ,, klo ada boleh kirim via email ..

Popular posts from this blog

TONGGERET !! SERANGGA BERNYANYI.

Tonggeret atau biasa disebut vampir bernyanyi ini termasuk jenis serangga yang hidup di hutan atau tempat yang memiliki banyak pohon dan berudara sejuk. Serangga ini termasuk dalam kemuarga Cicadae, serangga satu ini disebut juga sebagai Garengpung dalam bahasa Jawa. Bahkan selain Tonggeret dan Garengpung serangga satu ini disebut juga dengan Vampir bernyanyi. Karna dibagian mulutnya terdapat seperti jarum untuk menghisap sari untuk menjadi makanannya, sama seperti nyamuk. Tonggeret juga Biasanya  bernyanyi di pagi menjelang siang. Sambil hinggap di batang pohon yang besar, ia bersuara keras dengan menggesekkan kedua sayapnya.  Serangga ini memiliki bentuk tubuh seperti lalat raksasa namun dia memiliki sayap yang panjang ukuran tubuhnya pun bisa memiliki besar seperti jempol orang dewasa. Tonggeret merupakan serangga yang siklus hidupnya dianggap tidak sempurna. Terdapat empat fase metamorfosis tonggeret, yaitu fase larva atau telur, nimfa, muda dan tonggeret dewasa. M

DAUN GATAL : Si Hijau dengan berjuta manfaat

Bagi kalian yang gemar berkegiatan dialam bebas atau hutan, pasti tidak asing dengan daun yang satu ini. Daun gatal ini berasal dati timur Indonesia, tepatnya Papua dan Maluku. Daun yang bernama latin Laportea Decumana ini termasuk kedalam keluarga tanaman perdu (Urticaceaey). Tanaman ini hidup didaerah hutan basah dan tempat lainnya. Ciri-ciri dau gatal ini terdapat bulu-bulu halus dipermukaan daunnya. Mmanfaat dari daun gatal tersebut adalah dapat menyembuhkan pegal-pegal, namun selain dapat menyembuhkan pegal-pegal daun ini juga menyimoan manfaat lain untuk berbagai macam penyakit.  Nama lain dari daun gatal: Daun gatal, jelatong, salat, gofe, nik, nonde, nunt, nakau, dll. Daun gatal ini mengandung onoridin, flavonid, histidine, alkaloid, asam formiat, tryptoohan dan authraguinones. Daun gatal ini mempunyai banyak manfaat contohnya untuk mengobati; - Daun muda yang terdap pada tanaman daun gatal yang segar dapat dimakan dengan ubi jalar atau talas untuk mengobati sak

3 PENYAKIT YANG HARUS DIWASPADAI KETIKA MENDAKI !!!

Ketika kita melakukan kegiatan pendakian, kita diwajibkan untuk siap secara mental dan fisik. Karena jika kita tidak siap secara fisik dan mental akan lebih mudah terserang 3 penyakit ini saat melakukan pendakian. Berikut 3 tahapan dan cara penanggulangan 3 penyakit yang sering menyerang pendaki gunung. 1. HIPOTERMIA HIPOTERMIA adalah penurunan suhu tubuh dibawah normal. Penyebab HIPOTERMIA diatas gunung antara lain. • Pakaian basah • Luka yang terbuka lebar dan terpapar suhu dingin • Hipotermia akaan terjadi bila kita beeada didaerah yang bersuhu dingin. • Hipotermia sangat mudah terjadi jika seseorangterkena angin dingin, kelelahan, tubuh basah, kelaparan dan kekurangan oksigen diatas gunung. Gejala HIPOTERMIA biasanya seperi berikut • Suhu tubuh menurun drastis, bila diraba seluruh tubuh korban terasa dingin. • Frekuensi nadi, kuat atau melemah. Denyut nadi dan pernapasan tidak normal. • Penurunan kesadaran terhadap korban. Mengantuk, linglung dan mengigau.